Saturday, July 31, 2010

KBB# 18 - French Macaroons



Dari Sebelum dapat Surat Cinta sudah main tebak-tebakan mengenai tantangan kali ini. Pas menerima surat cinta langsung stress.... Tapi Commitment is Commitment harus mengerjakan tugas. 
Tapi kebetulan bulan ini kok penuh sekali dengan berbagai kegiatan jadi baru bisa sempat membuat tugas pas mepet sekali waktunya dan gagal pula.... Percobaan I gagal total karena bukannya jadi Macaroon malah jadi kukis coklat yg manissss sekali. Percobaan II masih juga gagal...no Feet dan retak....
Dear Hosts... Jadi laporanku kali ini adalah Laporan yang tidak sukses. Macaroon ku tidak berkaki. Tadinya sudah mau mundur. Tapi prinsipnya yang penting aku sudah coba dan masih akan mencoba lagi.
Untuk Macaroon ku aku pakai resep Arfi dengan beberapa modifikasi seperti di bawah ini
Grue De Cacao Macarons (Resep Arfi) - Dengan sedikit Modifikasi
Untuk 12 sandwiched macarons
2 putih telur 
2 sendok makan 
caster sugar
100g icing sugar, ayak bersama 60g almond powder (3 times)
1 sendok makan Cocoa Powder
























Kocok putih telur hingga berbusa, lalu tambahkan caster sugar sedikit demi sedikit, sambil terus dikocok sehingga menghasilkan stiff peak.




Matikan mesin. Masukkan sekitar 2 sendok makan ayakan icing sugar dan almond powder ke dalam kocokan meringue. Aduk untuk ‘melemaskan’ adonan, lalu masukkan sisanya dalam dua tahap. Aduk, lalu masukkan grue de cacao. Terus aduk sehingga menghasilkan adonan yang makin lemas (ketika diaduk, akan merata dengan sendirinya, meskipun mengaduknya masih di dalam mangkuk). Masukkan adonan ini ke dalam piping bag dengan nozzle plain round. Semprot setiap bulatan ke atas baking tray yang dilapisi baking paper (or silicone paper, whatever convenience for you). Biarkan selama 1 jam. 15 menit sebelum 1 jam, panaskan oven dengan suhu 150C (oven saya pas untuk macarons segini, tapi sesuaikan dengan panas oven masing2 ya). Panggang selama 8-12 menit, atau jika sudah kelihatan ada kaki dan berwarna kekuningan. Keluarkan dari oven, biarkan sekitar 2-3 menit di loyang, lalu kelupas dari baking paper. Jika matang sempurna, maka macarons tidak akan lengket, tapi jika kurang matang atau terlalu lama dibiarkan di atas loyang panas, maka macarons akan lengket. Transfer kepingan macarons ini ke atas rak pendingin

Untuk perekat antar macarronnya aku menggunakan selai blueberry.
Ini hasil akhirnya.....

Tapi trust me I'll try again.....
Till We Meet Again 



No comments:

Post a Comment