Wednesday, March 30, 2011

KBB#22 : Made In Indonesia Plus (Spun Sugar)


*Lap keringet dulu*

Itu yang aku lakukan saat dapet Surat Cinto.... Kue Made in Indonesia tidak susah....kebetulan ada resep kue khas my hometown yg pingin aku coba...But...Spun Sugar???? Hmmm dari dulu bikin karamel jarang sekali berhasil...ehh ini malah diminta bikin rambut emas dari karamel. Setelah Googling di youtube untuk lihat seperti apa Spun Sugar itu langsung lemes.... Pesimis sekali bisa berhasil tapi masa menyerah....

Sepertinya tantangan kali ini yang paling banyak menghabiskan bahan he...he...he.... Bayangkan saja 3 kali percobaan yang gagal plus 1 kali yang berhasil...kira-kira sudah 2 kilo gula yang aku pakai..(psstt sekarang ada 1 botol air gula persediaan utk minum teh manis dan bikin es buah ;-p )

Anyway busway.... berikut adalah resep Kue Made In Indonesia yang aku buat
Kue ini adalah kue khas Palembang yang biasanya aku makan pas hari imlek.... Resepnya merupakan modifikasi dari beberapa resep yang mami ku dapat dari teman2xnya.

Kue Sekojo

Bahan :
20 btr telur ayam
200 gr gula pasir
100 gr terigu
100 ml air daun pandan dan suji
350 ml santan kental
1/8 sdt garam
1 sdm mentega leleh

Cara Membuat :
1. Didihkan santan dan garam lalu campur dengan air daun suji dan gula pasir. Aduk rata. Biarkan dingin
2. Kocok telur, masukkan ke dalam santan yang sudah dingin
3. Tuangkan campuran telur dan santan ke dalam wadah yang berisi terigu. Aduk rata.
4. Masukkan mentega cair.
5. Panggang dengan api atas di suhu 160 derajat Celcius selapis demi selapis.


Untuk Spun Sugar. Resep yang digunakan adalah

Sugar Syrup Medium use 


1 ¼ cups gula
1 cup air

Step :
1. Panaskan sirup gula hingga suhu 311 F lalu taruh panci sirup ke wadah yg berisi air dingin untuk menghentikan proses karamelisasi.
2. Tutupi tempat yang akan dipakai dengan kertas parchment (aku menggunakan koran). Pegang rolling pin di satu tangan di atas kertas (aku menggunakan 3 buah sumpit panjang yang ditaruh berjajar), masukkan whisk ke dalam karamel (aku menggunakan 2 garpu yang di lem saling memunggungi) dan gerakkan seperti dikibas di atas rolling pin atau sumpit hingga terbentuk benang-benang halus.
3. Secara perlahan kumpulkan benang-benang halus tersebut dan lepaskan dari rolling pin atau sumpit.




Dan akhirnya jadi juga tantangan yang membuat lemes... 



Love the results..karena hasilnya sangat sepadan dengan kesulitannya DAN...yang terpenting... I learn a new knowledge.....

Till we meet again


No comments:

Post a Comment